Resep Kue Talam Pandan Lezat

Resep Kue Talam Pandan Lezat

Hey, Admin From Nusantara akan berbagi resep kue Talam nih. Nah kue Talam ini salah satu makanan tradisional indonesia lho. Sangat mudah di temukan di mana-mana (yang jualan) apa lagi bila bulan puasa tiba, rasanya gimana gitu kalo ngk nyobain kue talam. Berikut saya bahas mengenai resep Talam Pandan, simak yah di bawah ini.

Bahan 1:


  • 2 bungkus santan kara kotak (ukuran 200 ml)
  • 100 ml air hangat
  • 1 ½ gelas gula pasir (ukuran gelas belimbing)
  • ¼ sdt garam
  • 1 ½ gelas tepung beras rosebrand
  • 3 sdm tepung kanji atw tepung sagu
  • 1 lbr daun pandan
  • 1 sdt pasta pandan kalau kurang hijau tambahin sedikit-sedikit
  • 1 sachet susu kental manis (skm)


Bahan 2:


  • 3 sdm tepung beras
  • 3 sdm tepung kanji
  • 1 bks santan kara kotak/200ml
  • 50 ml air panas
  • ½ sdt garam


Cara :

Bahan 1 rebus: tuang santan kara kepanci ukuran sedang, sisa" santan yg dikotak bersihkan dengan air hangat yang 100ml kocok dan tuang kepanci tadi, gula pasir, garam, daun pandan, pasta pandan rebus hingga mendidih sambil diaduk-aduk. sudah mendidih pisahkan tunggu hangat. Tepung beras dan tepung kanji dicampur di baskom lain lalu tuang air rebusan tadi sedikit-sedikit sambil diaduk pakai sendok hingga licin jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental, kemudian tuang 1 sachet susu kental manis (skm) jika yang suka manis kalau ridak tapi suka bisa secukupnya saja. Tuang ke cetakan talam yang telah dioles mentega, tuang ke cetakan ¾ bagian, panaskan dandang kukus kurang lebih (-+20menit)

Campur semua bahan 2 diaduk hingga rata sampai kental dan tuang diatas bahan 1 kalau mau pakai nangka di atasnya dipotong dadu kecil-kecil dan kukus lagi kurang lebih (-+15menit) tutup jangan lupa pakai serbet. Cek kematangan dengan dilihat saja dipegang atasnya juga tidak apa.
Angkat dan dinginkan.

Jika air rebusan bahan 1 tadi masih ada sisanya anda campurkan saja dengan tepung beras dan tepung kanji dikira-kira saja karena adonan di atas tadi jangan terlalu encer atau terlalu kental.

Terimakasih telah membaca artikel Resep Kue Talam Pandan Lezat - selamat mencoba.
Share 'Resep Kue Talam Pandan Lezat' On ...

21 komentar untuk "Resep Kue Talam Pandan Lezat"

  1. Saya jadi pingin nyomot satu mas.. Iya kelihatannya lezat.. sebagai manisan.. sebelum buka yang berat-berat dan sesudah teraweh lezaaaattttt :)

    ReplyDelete
  2. langsung coba buat ah,,, siapa tahukan ini bisa dijadikan peluang usaha..

    ReplyDelete
  3. kue pandan saya suka banget atuh mas, tapi kalo bikin emang males nyari bahan-bahan nya sih.hehe

    ReplyDelete
  4. Teksturnya yg lembut membuat kue ini enak sekali, seperti yg mas bilang, memang kue ini kebanyakan di jual saat bulan puasa

    ReplyDelete
  5. Wah kalau ngopi pagi cemilan suka kue ini nih

    ReplyDelete
  6. Bikin ngiler nih kue talamnya. Selain bentuknya yang cantik dan baunya harum pandan wangi, rasanya nikmat lezat,,hmm,,mantap

    ReplyDelete
  7. wahh.. hari libur ini gini pasti enak nih buat kue talam pandan.. saya izin ambil resepnya ya mbak..

    ReplyDelete
  8. ehmmm...cocok merocok pisan tuh kue talamnya jika di persandingkan dengan kopi susu panas dan Ubi Cilembu pastinya dong ah

    ReplyDelete
  9. Wah, saya juga jadi kepengen.. BTW mampir juga di Blog saya. Saya juga ada bahasan mengenai Kue Talam tapi versi digital. Cari aja di Arsip atau Kolom Pencarian.

    ReplyDelete
  10. adduh ini kue bikin bibir saya celamitan, rasanya yang gurih manis tampilannya juga menarik, bikin perut keronongan.

    ReplyDelete
  11. kalau ngomongin kue gini saya siap menjadi bagian yg mencicipi mas.haha

    ReplyDelete
  12. kalo kue yang ini saya pernah makan mas, tapi jujur saya mah gak tau namanya hehehee...

    ReplyDelete
  13. Kue jenis talam pandn ini kalau didaerh saya namanya kue lumpur, rasanya sangat lezat, teksturnya lembut dan jika sudah masuk lidah nikmat gurih dari santan kelapanya terasa banget dan bikin ketagihan.

    ReplyDelete
  14. wih lezatnya nih kue, emm resepnya mau amankan dulu ah, ntarmau saya uatin kuenya :D

    ReplyDelete
  15. Ahi hi hi wow muantappp nih kayanya kue ?

    ReplyDelete
  16. Nyam, nyam, nyam kuenya bikin lidah saya bergoyang ...

    ReplyDelete